Celoteh Alam Sejak Tahun 1982

“Mulai jam berapa ada Sting ada Iwan Fals?”
Jam 02.00 malam

“Gila malam amat”
Ya ini khan hajat dunia seperti nonton bola. Sandrayatifay, Slank, Iwan Fals itu Indonesia punya.

“Keren, ngopi sambil nunggu giliran Iwan Fals muncul”


Potongan obrolan singkat dari para penyaksi. Yang terus mengikuti informasi tentang idolanya. Yang terus berdoa agar idolanya selalu diberi kesehatan. Dan uniknya selalu hadir walau misteri waktu. Bukan satu atau dua jam. Tepatnya di pagi hari setelah matahari terbit. Menunggu malam ternyata munculnya pagi.“Kalau tahu begini kenapa mesti begadang. Tidur aja, bangun pagi ketemu Iwan Fals hehehe.”

Yang kocak adalah begadang ditunggu sampai pagi, ngantuknya pagi. Jadi tidak menemukan apa yang dituju. Problemnya adalah selalu menunggu tayangan ke satu nama, Iwan Fals. Maka siap-siaplah bermain dengan misteri waktu. Iwan Fals muncul di pagi hari. Muncul dengan latar belakang pohon. Bisa ditebak, Iwan Fals berada di hutan mana?

“Pada dasarnya kita nggak bisa hidup sendirian. Kita tergantung dengan orang lain dalam hal apapun. Kita harus saling berusaha untuk saling membantu satu sama lain. Pandemi ini bukan hanya di perkotaan. Saudara-saudara kita di pedalaman juga mengalami hal yang sama. Di sana mungkin lebih sulit karena jauh dari akses kesehatan,” ucap Iwan Fals.

Indonesia mempunyai semangat gotong royong. Masyarakat adat memerlukan dukungan demi memperkuat kesehatan. Dukungan ini direalisasikan menggalang bantuan dalam bentuk donasi. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mengkonfirmasi partisipasi Iwan Fals terlibat di SOS Rainforest Live.

Berkaos oblong polos coklat ditemani gitar akustik. Proses recording oleh Cikal. Mengambil waktu dua hari. Lirik lagu di video tertulis dalam bahasa Inggris. Translate lirik lagu ke bahasa Inggris oleh Cikal dan Isha Hening. Menyuarakan lagu Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi. Lagu yang ditulis di album Opini tahun 1982. Artinya sejak tahun itu, bukan mendadak jadi pecinta lingkungan. Pada suasana batin yang sama Iwan Fals meneruskan ke lagu Balada Orang-Orang Pedalaman. Lagu ini ditulis di album Iwan Fals 1910 tahun 1988. Bersambung ke lagu Hijau (album Hijau tahun 1992).

Kelestarian hutan hujan di seluruh dunia. Kehidupan masyarakat adat yang mendiaminya. Menjadi perhatian dan perlu dukungan bersama. SOS Rainforest Live, sebuah tayangan konser musik virtual melalui channel Youtube Rainforest Foundation Norway. Jagad fakta mengatakan Iwan Fals, The Asian Heroes. Bukan tidak mungkin bila suatu hari Indonesia melahirkan The Asian Heroes bahkan The World Heroes.

Leuwinanggung, 25 Juni 2020
Penulis: Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto