Outdoor Recording “Mengapa Harus Ke Labuan Bajo”

Ekspedisi pencarian orang jujur dilakukan Iwan Fals sejak Jumat hingga Senin di Flores NTT. Pertanyaannya mengapa mesti Flores NTT?

“Pesona alam yang indah banyak di Indonesia. Di sini ada gunung dan laut yang indah. Serta masyarakat adat yang masih menjaga kelestarian alam. Proposal yang diterima Labuan Bajo, Waerebo. Semua ada di sini,” kata Erix Soekamti sutradara video clip.

Empat hari sudah Iwan Fals dan rombongan bekerja. Sejak Jumat hingga Senin. Lelah sudah pasti. Tetapi lelah terbayar oleh suasana kerja. Kerja dengan hati. Sesama tim terbangun komunikasi yang baik. Dan pesona alam memberi energi, membunuh rasa lelah.

Cikal mengajak timnya untuk menjaga kesolidan. Makan malam bersama dan jalan bersama ampuh merajut pertalian hati. Energi bersama berpengaruh kepada kerja tim. Tidak saling menonjol tetapi saling membantu. Jika lelah tidak untuk diucap apalagi mengeluh. Sekali diucap maka ia menjadi lelah beneran. Sekali diucap maka lelah akan menular ke yang lain. Energi negatif bukan untuk ditularkan tetapi energi negatif itu dimatikan. Meretas energi negatif melawan dengan kekuatan hati.

Labuan Bajo lautnya jernih. Tenang tak bergelombang. Dari daratan pandangan mata tembus ke dasar laut. Ikan dan pasirnya terlihat. Pulau Bidadari tempat yang indah untuk penyelam. Untuk bisa sampai ke Pulau Bidadari mesti memakai perahu. Tak disangka bahasa mereka bisa dimengerti. Tapi aneh bahasanya bisa ditebak dan tidak asing di telinga. Ternyata pengemudi dan asistennya orang Bima. Bima NTB beda kepulauan dengan Flores NTT, terbelah oleh lautan.

Labuan Bajo indah untuk menyelam, berjemur, atau sekedar membasahi tubuh. Cikal, Epel, Ichan, Mike, Firman, Epol wisata air Labuan Bajo. Kabar tentang Labuan Bajo tidak cukup untuk didengar, dibaca, diceritakan. Labuan Bajo layak untuk dikunjungi. Labuan Bajo seolah menjawab kegelisahan Iwan Fals di lagu “Tak biru lagi lautku”.

Leuwinanggung, (14/4/2020).

Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto