“Ibu” Untuk Ivo Nilakreshna

Perempuan berkarakter terlahir sebagai putri ulama Aceh. Pengagum ulama dan sastrawan Indonesia, Buya Hamka. Berkarya sejak 66 tahun lamanya. Membuat 100 album dan 200 lagu. Tampil di Singapura, Amsterdam, Amerika. Sudah ada sebelum kita lahir. Mendirikan studio recording terbesar di Asia Tenggara saat itu.

Kini usianya 81 tahun, tepat di tanggal 31 Januari 2020. Ivo Fauziah Hanum dikenal dengan panggilan Ivo Nilakreshna. Perempuan berdarah Aceh-Minang ini merasakan hidup di jaman pemeritahan Indonesia di bawah Presiden Soekarno, Soeharto, Habibie, Megawati, Abdurrahman Wahid, Soesilo Bambang Yudhoyono, Joko Widodo. Lantas apa rahasia di balik penampilannya yang tetap cantik dan tegar?

“Rahasia umur adalah rahasia Allah. Dekat kepada Allah. Biasa shalat dhuha, puasa senin kamis. Berbagi dengan anak-anak yatim. Mengamalkan Wal ‘Ashr,” jawab Ivo Nilakreshna.

Konser Tribute to Ivo Nilakreshna, Konser Amal Untuk Indonesia. Beretapatan dengan hari ulang tahun Ivo Nilakreshna. Bekerjasama dengan yayasan Bakti Negeri, konser untuk donasi membangun kerohanian Papua di Desa Patipi, Desa Tugu Mawa, Desa Migori, Desa Asotipo, Desa Kiliama.

Bertempat di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta. Menyampaikan pesan untuk tidak bersenang-senang tanpa memberikan manfaat bagi saudara-saudara di luar sana. Iwan Fals tampil di penghujung acara. Lagu “Jalin Persatuan Dan Kesatuan” karya Ivo Nilakreshna dinyanyikan Iwan Fals dan Ivo Nilakreshna.

Lagu “Ibu” dinyanyikan Iwan Fals diiringi Addie MS dan Twilite Orchestra. Ungkapan takzim Iwan Fals lewat lagu “Ibu” untuk Ivo Nilakreshna. “Ingin kudekap dan menangis di pangkuanmu. Sampai aku tertidur bagai masa kecil dulu,” ucap Iwan Fals. Lagu yang dalam dari syair. Lagu yang dalam untuk penghayatan. Masuk di alam bawah sadar. Membuat lepas saat hening, membuat hening saat lepas.

Nampak duduk di barisan paling depan ada Astri Ivo. Iwan Fals mengakui bahwa Ivo Nilakreshna telah memberikan pengaruh kepada Iwan Fals sejak kecil. Walau tidak pernah berguru langsung tetapi “Iwan Fals kecil” sering dinyanyikan lagu oleh ibunya dengan nada yang indah. Ini yang mempengaruhi alam bawah sadar Iwan Fals. Dan ternyata itu lagu-lagunya Ivo Nilakreshna. “Jali-Jali”, “Surilang Njot-Njotan”, “Keroncong Kemayoran”, “Jalin Persatuan Dan Kesatuan”, “Damai itu Indah” adalah karya Ivo Nilakreshna yang karyanya dinikmati oleh Indonesia.

Perempuan pemberi inspirasi. Menjadi “Ibu” yang dihormati dan dikagumi oleh Iwan Fals, Addie MS, Rossa, Andien, Yuni Shara, Afgan, Riri, Bivo, Elfa’s Singers, Ozzy Syahputra, Olla Rossa, Papua Original. Menjadi “Ibu” bagi anak-anak Indonesia.


Leuwinanggung, (3/2/2020).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto