“Akhir Kisah Cinta Si Doel” Bukan Akhir Segalanya

Sejak RCTI menayangkan “Si Doel Anak Sekolahan” tahun 1994, lagu Si Doel Anak Betawi ciptaan Syumantiasa akrab di telinga. Kini Armada menyanyikannya bersama Iwan Fals. Saat opening Mega Konser “Akhir Kisah Cinta Si Doel” di RCTI. Disaksikan oleh pemeran filmnya. Rano Karno (Si Doel), Cornelia Agatha (Sarah), Muady Koesnadi (Zaenab), Suti Karno (Atun), Mandra, Munaroh, Koh Ahong, Hj Tonah (Ibu Zaenab), Rey Bong (Dul Anak Sarah), Ahmad Zulhoir (Anak Atun).

Iwan Fals, Slank, Armada, Wizzy, Rano Karno menjadi penyanyi dalam pagelaran 17 Januari 2020. Denny Cagur dan Ayu Dewi muncul di Opening Host mengantarkan Iwan Fals di penampilan kedua. Gitar akustik dipetik dan harmonika bersuara untuk syair yang mengalir, Belum Ada Judul.

Pada penampilan ketiga, Iwan Fals dengan latar langit malam berbintang dan pohon-pohon membuat mata pemeran Si Doel, Zaenab, Sarah fokus ke depan. Adegan ini bukan bagian dari film. Tapi tampilan panggung. Jika film masih tanda tanya maka panggung menjawabnya. Teka-teki Si Doel memilih Sarah atau Zaenab terjawab. Sarah, Zaenab, termasuk Si Doel memilih tertuju ke panggung Iwan Fals. Hanya Rindu, lagu ciptaan Andmesh Kamaleng. “Kurindu senyummu ibu,” Iwan Fals mengakhiri nyanyiannya.

Lewati malam menuju pagi. Iwan Fals membakar semangat pada penampilan penutup menyanyikan Bangunlah Putra Putri Pertiwi. Karena Si Doel adalah lelaki yang punya cita-cita. Hidup dari keluarga sederhana. Maka sekolah dan menjadi insinyur untuk hidup lebih maju. Memiliki kesempatan menikmati perjalanan ke luar negeri. Si Doel semestinya menjadi potret anak Indonesia. Anak Indonesia yang tumbuh bersama lingkungan. Perbedaan adalah kenyataan. Merawat perbedaan menjaga persaudaraan.

“Akhir Kisah Cinta Si Doel” menimbulkan dugaan. Jika akhir kisah adalah kematian maka selesai. Jika akhir kisah adalah keinginan yang tercapai maka selesai. Menuju akhir kisah menjalani proses. Proses ini yang menarik karena ada banyak peristiwa dengan segala dinamika. Akhir menjadi awal. Ini yang dinamakan siklus. Akhir dari sebuah kisah bukan akhir segalanya.

Kelihaian sutradara membuat alur cerita yang berujung tanda tanya. Di persimpangan jalan ada pilihan. Sama-sama perempuan cantik. Sarah dan Zaenab. Keduanya memberikan keikhlasan kepada Si Doel untuk memilih. “Akhir Kisah Cinta Si Doel” menurut Rano Karno bukan berarti akhir perjalanan Doel. Untuk kepastian dan menjawab dugaan maka saksikan “Akhir Kisah Cinta Si Doel” di bioskop. Bakal serentak diputar mulai tanggal 23 Januari 2020.


Leuwinanggung, (22/1/2020).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto