Karya Tulis di Truk Memanggil ”Daeng Slaf Nawi”

Setelah lama tidak menyapa sopir truk Fuso, pelantun “Di Bawah Tiang Bendera” kembali melakukan perjalanan ke Pulau Sulawesi. Sebelumnya diawali pada bulan November 2017 di Pulau Bali, Jawa, Sumatera. Tepatnya Roadshow 10 kota yaitu Denpasar, Semarang, Cirebon, Serang, Lampung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Padang, Medan. Dan kini saatnya Pulau Sulawesi. Iwan Fals mendarat di Makassar Kamis (14 November 2019).

Rombongan tiba disambut tuan rumah mencicipi Bakso Ati Raja. Kegemaran Iwan Fals dengan makanan yang satu ini sudah menjadi rahasia umum. Setiap perjalanan ke luar kota bahkan luar pulau menjadi santapan yang dicari. Jangan dihitung bakso yang di depan rumah dan bakso di Cikeas. Jika sebatas kota terdekat seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung itu mudah didapat. Ini bicara di luar sana. Ke Aceh sampai ke Bima pun tetap dicari. Bahkan pedagang bakso di Bima sempat dibuatkan syair lagu dari kisah perantauannya asal Jawa. Ada alasan filosofis. Dari bakso bukan sekedar nikmat, darinya banyak cerita yang didapat.

Sehari setelah menginjakan kaki di Makassar diisi dengan berbagai kegiatan. Selepas shalat Jumat Iwan Fals berkunjung ke dealer. Bosowa Berlian Motor beralamat di Jl Urip Sumohardjo adalah dealer tempat juragan Mitsubishi Fuso Makassar. CEO Bosowa Berlian Motor Subhan Aksa mengakui butuh perjuangan keras untuk menghadirkan Iwan Fals ke Makassar. Tiga tahun lamanya menunggu. Bulan November 2019 Iwan Fals bisa diboyong ke Makassar.

Jalani Bersama Fuso. Mengapa penting menghadirkan Iwan Fals? Apa urgensinya Iwan Fals didatangkan ke Sulawesi? Kira-kira itulah pertanyaan yang melintas di pikiran selama perjalanan melintasi kota Makassar yang ramai dengan spanduk ucapan selamat kepada tokoh nasional asal Sulawesi, Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI 2014-2019).

Kunjungan ke dealer menjawab pertanyaan di atas. Mitsubishi Fuso kembali pimpin penjualan truk di Sulselbar. Makassar kota penting bagi penjualan Mitsubishi Fuso. Untuk memenuhi pelayanan yang maksimal kepada customer setia, sebagai Brand Ambassador Mitsubishi Fuso Iwan Fals dipandang bisa membawa romantisme. Juragan truk dan para pelaku bisnis pengguna truk larut menyaksikan penampilan panggung Iwan Fals. Menghidupkan nostalgia di event Truck Campaign Fuso 2019. Kabar datangnya Iwan Fals berdampak kepada penjualan di angka 40 unit. Colt diesel 14 unit dan Fuso 26 unit. Data total penjualan setelah event Truck Campaign Fuso 2019 Mitsubishi sukses menjual hingga 231 unit kendaraan bisnis dalam semalam.

Mitsubishi Fuso legenda. Juragan truk legenda. Iwan Fals legenda. Truck Campaign Fuso 2019 yang berlangsung Jumat malam (15 November 2019) di Hotel Claro Makassar adalah kumpulan legenda. Iwan Fals dihadiahi Songkok Recca atau Songkok To Bone. Penutup kepala ini dipakai Iwan Fals selama manggung. Sepanjang pertunjukannya tidak melepas Songkok Recca. Setengah bercanda Iwan Fals menyebutnya “Daeng Slaf Nawi.”

Legenda dari atas panggung beraksi. Legenda di bawah panggung bersaksi. Belajar bersama menghibur sesama. Soal kepedulian terhadap alam. Tentang pohon yang terus ditanam disiram, tentang tumbler pengganti botol plastik, tentang laut Sulawesi yang masih biru, dan tentang kemesraan. Tiada hari tanpa berkarya. Jalani Bersama Fuso. Seperti karya tulis di truk sarat filosofis. “Di sini tempatku mencari nafkah, di sini tempatku melepas lelah.”


Leuwinanggung, (20/11/2019).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto