Orang Jepang Hapal Lagu Iwan Fals

Selasa, 12 November 2019 berlokasi di Pondok Indah Jakarta Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pertama kali di Indonesia. Mitsubishi Xpander Cross akan diekspor ke pasar lain selanjutnya di seluruh wilayah ASEAN. Sebuah kendaraan crossover yang melengkapi jajaran produk dari Xpander yang diluncurkan di Indonesia sejak Agustus 2019. Memadukan kenyamanan sebuah MPV dan ketangguhan SUV. Mengusung tagline “Don’t Stop Xpand Your Adventure” membawa pesan untuk tidak berhenti mengeksplorasi perjalanan yang penuh petualangan baru.

Kehadiran Iwan Fals di malam itu adalah kesamaan cita-cita dengan orang-orang tercinta. Mengawal keluarga Indonesia dan petualangannya senafas dengan Iwan Fals. Berpakaian Outdoor Adventure Outfit merefleksikan pola pikir kuat, menyenangkan, unggul di berbagai medan. Sementara duduk di jajaran depan adalah orang-orang penting dari Mitsubishi Motors.

Nampak duduk di depan orang Jepang. Dari sejak lagu pertama (Buku Ini Aku Pinjam) hingga lagu ketujuh (Bento) dia mengikuti bait-bait syair Iwan Fals. Gerak bibir dan gestur tubuh yang akrab dengan bahasa lagu menandakan orang Jepang ini pemerhati dan pecinta lagu Iwan Fals.

Jika Kokoronotomo lancar dinyanyikannya maka wajar karena dia orang Jepang. Tapi jika Bento lancar dinyanyikannya maka ini di luar batas wajar alias luar biasa. Dia adalah Mr. Kunitoshi Akimoto. Lelaki asal Yokohama Jepang adalah Vice President PT. Krama Yudha Ratu Motor (KRM). Dari penampilannya yang masih segar bugar ternyata memiliki tahun lahir yang sama dengan Iwan Fals, 1961.

Inspirasi untuk melahirkan karya. Didengar dan diapresiasi oleh warga dunia. Sumbangsih berarti untuk negeri bisa diberikan oleh siapapun. Jika hari ini Iwan Fals berekspresi di kesenian maka ruang lain terbuka bagi anak bangsa. Jepang dan bule-bule luar negeri sangat apresiasi dengan karya maka karya selanjutnya adalah tugas kita.


Leuwinanggung, (18/11/2019).

Fotografer : Ricky Adrian
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto