Tiba-Tiba Naik Panggung

Selasa (25/6/2019) di Kuningan City Hall P7 Jakarta kumpulan muda-mudi sambil duduk santai, canda, akrab menikmati sajian lagu dari Danilla dan Jason Ranti. Dua sosok yang digemari karena memiliki karakter di atas panggung yang menyebarkan sensasi fantasi saat menikmatinya secara live malam itu dinobatkan sebagai Missqueen And Missking. “Tiba-Tiba Suddenly Sobat Misqueen And Missking” di penghujung acara dikagetkan oleh kehadiran sosok lelaki yang berbeda.

Kehadirannya mengejutkan seisi ruangan. Penonton yang semula duduk beranjak berdiri merapat ke depan mendekati bibir panggung. Siapa sangka malam itu bakal hadir sosok lelaki berpeci hitam naik panggung dan menyapa dengan Belum Ada Judul, Rindu Tebal, Badut diiringi Sajose Orkestra. Tiket seharga Rp210.000,00 berlaku untuk 2 orang sangat memuaskan penonton dengan Iwan Fals tiba-tiba naik panggung. Kehadirannya semakin menguatkan sensasi fantasi saat menikmatinya secara live.

“Jadi kalau misalkan Tuhan nanya pas mati, Danilla momen apa nih yang paling enak yang waktu itu Aku kasih? Pas waktu manggung sama Om Iwan sama Jason Ranti,” ucap Danilla yang diingatkan oleh sang paman Dian Pramana Poetra untuk jujur mengungkapkan kata-kata di syair seperti yang dilakukan Iwan Fals.

“Dia itu bikin deg-degan. Gestur santai cuman hati degdegan, cuman ibuku mengajarkan untuk jadi diriku sendiri,” ucap Jason Ranti. Jason Ranti berulangkali menucap kata “segan” ketika disebut nama Iwan Fals. “Latihannya kenceng banget kayak orang ngantor,” kata Jason Ranti.

Apa yang menjadi alasan Iwan Fals datang tiba-tiba? Pertama, jarak umur bukan sebuah penghalang skema naluri yang sama pada ruang penyair. Iwan Fals selalu mengatakan bahwa di musik tidak ada senior-junior yang ada A minor C mayor. Kedua, perjuangan mereka mencipta lagu, manggung, hubungan sosial, adalah karakter “rebel” yang menarik untuk disupport. Ketiga, musisi sadar betul menempatkan ego dan kompromi ketika sendiri dan orkestra. Ternyata Jason Ranti bisa banyak temannya di atas panggung, biasanya sendirian. “Liar tetapi bisa ikuti aturan,” pesan Iwan Fals.

Leuwinanggung, (27/6/2019).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto