Berkawan Dengan Alam Semesta

“Saya cemburu dengan Bangli, banyak pohon besar tapi masih menanam,” kata Iwan Fals dalam sambutannya usai menanam sebatang pohon jati emas di Pura Dalam Purwa Banjar Kawan Bangli, 14/6/2019.

Ini semua tak lepas dari peran muda mudi yang tergabung di STT Bhuana Werdhi Banjar Kawan Bangli pada peringatan ulang tahun yang ke-30 ini melakukan rangkaian acara penanam pohon dan konser musik Iwan Fals & Band dengan mengusung tema “Berkawan Dengan Alam Semesta”.

Muda mudi adalah harapan masa depan yang selalu menjadi anak panah yang meluncur. Apa yang diperbuat adalah menghimpun udara segar untuk generasi selanjutnya. Tanaman menyerap karbondioksida dan membuang oksigen hasil dari fotosintesis. Udara bersih dari pohon adalah hasil berkawan manusia dengan pohon maka ini sangat berarti sebagai perkawanan abadi antara manusia dengan alam semesta.

Pelaksanaan kata-kata dari “pohon-pohon jadikan teman” adalah kesadaran bersama yang dalam catatan sejarah menginspirasi Indonesia bahkan menginspirasi dunia. Pohon mampu mempersatukan hubungan bilateral Republik Indonesia dan Raja Arab Saudi Saud bin Abdulaziz al Salad yakni penghijauan di tanah Arafah pada saat Soekarno naik haji.

Konser adalah miniatur dari kata-kata “Berkawan Dengan Alam Semesta” karena di dalam konser mengandung kesadaran untuk datang bersih pulang bersih, dengan materi lagu-lagu yang akrab di hati penonton dan menularkan energi.

Dibuka dengan penampilan solo diiringi harmonika dan gitar akustik Iwan Fals menyapa malam minggu dengan “Belum Ada Judul” dan “Esek-esek Uduk-uduk”.

“Pohon Untuk Kehidupan” dan “Surat Buat Wakil Rakyat” menaikan eskalasi yang malam itu cuaca cukup dingin. Iwan Fals & Band menunjukkan performa sebagai musisi ketika kolaborasi tradisi Bali, Olot menyuarakan “Bento”, “Bongkar”, “Hio”.

“Kumenanti Seorang Kekasih”, “Pesawat Tempurku”, “Yang Terlupakan”, “Ijinkan Aku Menyayangimu”, “Ibu” sebagai kawan sejati menuangkan isi hati. “Manusia Setengah Dewa” dan “Di Bawah Tiang Bendera” menjadi penutup konser yang dibanjiri ribuan penonton Bali.

“Kita bagian kecil dari alam semesta tapi kecil bukan berarti tidak ada artinya,” ucap Iwan Fals pada pagelaran yang diselenggarakan Q-One Music di Lapangan Kapten Mudita Bangli Bali, 15/6/2019. Berharap bisa menginspirasi Indonesia dan menginspirasi dunia.


Leuwinanggung, (21/6/2019).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto