Doa Iwan Fals Bersama Anak Yatim

Buka Bersama akan lebih bermakna ketika anak yatim diajak dalam satu lingkaran. Menyumbang anak yatim karena cinta, hablumminallah dan hablumminannas. Rasa syukur atas rezeki yang telah Allah berikan dengan memberikan sentuhan kepada anak yatim adalah mendekatkan kepada Ilahiyah dan kemanusiaan. Seperti apa yang dikatakan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), “Agama jangan jauh dari kemanusiaan.”

Krama Yudha Group menyelenggarakan buka bersama dan santunan anak yatim pada hari kelima puasa bertempat di Kantor KTB Pulomas Jakarta. Iwan Fals & Band menghibur lewat syair-syairnya. Penulis Jerman Friedrich Hebbel mengatakan bahwa kemanusiaan adalah mimpi para penyair.

16 lagu dipersembahkan malam itu. Iwan Fals & Band membuka dengan Lagu Satu. Aku Sayang kamu, Antara Aku Kau & Bekas Pacarmu, Ijinkan Aku Menyayangimu, Nyanyian Jiwa, Rosana, Karena Kau Bunda Kami, Kesaksian berturut-turut dibawakan.

Rossa naik ke atas panggung. Lagu Bimbo yang berjudul Rindu Kami Padamu Ya Rasul disuarakan Rossa diiringi oleh Iwan Fals & Band. Iwan Fals feat Rossa kemudian menyanyikan lagu Fariz RM, Sakura dan dilanjutkan dengan lagu-lagu Iwan Fals yaitu Nyanyianmu, Seperti Matahari, Kemesraan.

Di Bawah Tiang Bendera, Bento, Bongkar menjadi pengantar menuju Doa . Iwan Fals apik meracik lagu Doa. Nyanyian bersama yang berujung doa-doa. “Berjamaah menyebut asma Allah, saling asah saling asih saling asuh,” ucapnya.

Iwan Fals merasa bahagia berada dalam lingkaran yang diselenggarakan Krama Yudha Group. Sampai nambah lagu. Yang ini bukan permintaan penonton. Ini permintaan Iwan Fals kepada penonton. “Jarang-jarang ada penyayi yang minta nambah lagu,” sahut Iwan Fals sambil tertawa.


Leuwinanggung, (13/5/2019).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto