“Perjalanan Ini Bukan Sekedar Musik Tapi Perjalanan Spiritual”


Duapuluh sembilan hari lamanya Iwan Fals melakukan perjalanan Lintas Sumatera. Sehari setelah tiba dari perjalanan Lintas Sumatera, Iwan Fals menghadiri Press Conference Fuso di Jakarta, Senin (12/2).

“Buat saya ini perjalanan bukan sekedar musik tapi perjalanan spiritual,” kata Iwan Fals.

Dikatakan perjalanan spiritual karena rangkaian Roadshow Mitsubishi Fuso & Iwan Fals ini banyak menemukan fakta di lapangan tentang sopir. Sopir memiliki etos kerja luar biasa dan mempunyai harapan terhadap anak cucunya untuk bisa sekolah sampai lulus ke jenjang SMA. Merespon persoalan ini maka KTB membuka partisipasi masyarakat melalui penggalangan #fusokontribusi. Setiap 1 tagar yang diposting di media sosial akan dikonversikan menjadi Rp 10.000,00 sebagai bea siswa putra-putri sopir truk.

Masyarakat tentu antusias dan merespon positif. Pengguna akun sosial media biasa menulis dan akan menjadi luar biasa ketika menulis dan menyumbang. Saat terbiasa menulis status kemudian menambahkan dengan menulis #fusokontribusi maka tulisan ini membuahkan sumbangan untuk pendidikan. Kita bermaksud untuk menyumbang tetapi tak punya kemampuan financial (misalnya), maka #fusokontribusi menjadi jawaban untuk pengguna akun sosial media yang ingin membantu kemajuan pendidikan putra-putri sopir. Seperti yang dilakukan Soleh (24 tahun).

“Saya tiap hari bikin status di facebook. Saya mau nyumbang tapi nggak punya uang. Ya udah saya sertakan di setiap status saya dengan menulis #fusokontribusi,” kata Soleh.

Dari partisipasi masyarakat terkumpul 12.578 tagar artinya masyarakat Indonesia telah turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa lewat #fusokontribusi senilai Rp 125.780.000,00. Perjalanan 10 kota 11 titik ini membuahkan hasil untuk bea siswa 11 anak sopir truk Indonesia. Mitsubishi Fuso menyerahkan bea siswa sebesar Rp 330.000.000,00. Jajaran manajemen KTB dan Iwan Fals menyerahkan langsung donasi kepada I Made Naryama, Rifda Julfia, Silvy Rizky Ananda, Angga Pratama, Putri Alfira Irawan, Galih Rangga Ismail, Irfan Nur Hakim, Agung Aditya, Muhammad Agus Mualim, Irsanti Aninditya Rizky, Dwi Ratih Rayana Asak.

Roadshow Perjalanan Sejuta Harapan di 10 kota 11 titik ini sudah usai yaitu meliputi Bali, Jawa, Sumatera. Truk Panggung Colt Diesel FE 74 Long yang menemani perjalanan ini kembali digunakan Iwan Fals. Press Conference ditutup oleh Iwan Fals dengan membawakan dua buah lagu. Dengan gitar akustik Iwan Fals menyapa 11 anak sopir truk. Bangunlah Putra Putri Ibu Pertiwi dan Siang Pelataran SD Sebuah Kampung (lagu yang diciptakan saat perjalanan Sumatera sebelumnya, melihat semangat anak SD tanpa sepatu sedang upacara). Usai Press Conference, Iwan Fals melakukan wawancara dengan Trans 7 (rekaman Hitam Putih talk show).


Leuwinanggung, (14/2/2018).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto