Google, Iwan Fals & Daya Hidup

Di televisi tiga orang muda mudi bermain tebak-tebakan. Permainan legendaris, menantang untuk menguji pengetahuan mengenal nama artis berdasarkan huruf pertama. Maka jatuhlah pilhan untuk menebak nama artis berawalan huruf V. Saat disebut nama Virgiawan Listanto, muncul tanda tanya dengan nama yang satu ini. Pesan yang disampaikan dengan singkat, padat, dan menghibur. Hiburan yang inspiratif karena mewakili keseharian kita. Yang cepat menjawab pertanyaan bukan berarti yang lambat tidak tanggap. Hati-hati dan jangan buru-buru menghakimi karena menjawab pertanyaan butuh ketelitian. Dikemas dengan santai tapi penuh makna. Satu kata untuk tayangan milik Google Indonesia ini, jenius.

Virgiawan Listanto, sebuah nama yang masih sebagian orang tidak tahu siapa dia sebenarnya. Menurut pemilik nama ini, pernah ada kejadian menggelikan saat kejuaraan nasional karate. Mereka yang hadir di kejuaraan nasional karate menyapa Virgiawan Listanto dan banyak yang mengatakan “Koq mirip Iwan Fals.” Ketika disebut nama Virgiawan Listanto meraih Juara II, banyak orang masih penasaran dengan yang satu ini. Seseorang bernama Robert mengatakan dengan santai, “Ini Virgiawan Listanto bukan Iwan Fals.”

Salah satu rencana Google di tahun 2017 untuk terus mengembangkan inovasi yang relevan bagi minat orang Indonesia adalah menelusuri musik di Google App. “Empat hal minat utama di Indonesia mengandalkan Google untuk mencari informasi adalah musik, makanan, entertainment, dan travel. Fokus kami terus memberikan pengalaman menelusuri informasi yang lebih baik, lebih mudah, dan lebih cepat menggunakan teknologi terbaik yang dimiliki Google,” kata Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami pada acara bertajuk Google #SelaluTauMusik.

Google luncurkan pengalaman baru telusuri informasi untuk membantu masyarakat Indonesia menemukan informasi dengan cepat dan mudah. Fitur pertama berupa knowledge panel didesain untuk menampilkan berbagai informasi yang paling banyak dicari netizen. Selanjutnya fitur dikembangkan untuk musisi dan publik figur lainnya di Indonesia untuk menerbitkan informasi secara real time di hasil penelusuran Google terkait mereka.

Iwan Fals adalah daya hidup. Bagi Iwan Fals, dunia maya jadi dunia nyata. Usai menutup rangkaian TOP Nation Konser di 9 kota Iwan Fals menjadi bintang tamu Google. Apa yang menyebabkan demikian? Consumer Marketing Manager Google Search, Mira Sumanti menjelaskan : “Iwan Fals adalah nomer satu dari lima penyanyi yang paling banyak dicari. Lima penyanyi yang paling banyak dicari adalah Iwan Fals (Indonesia), Justin Bieber (Kanada), Raisa (Indonesia), Taylor Swift (Amerika Serikat), Selena Gomez (Amerika Serikat).”

Tiga Musisi Indonesia yang paling banyak di search di Indonesia tampil menghibur di Three Buns Jakarta, Selasa (7/3). Gamaliel Audrey Cantika, Anji, dan Iwan Fals. “Rasa ingin tahu bagian dari naluri seperti ketika saya ingin tahu musisi Frank Zappa,” kata Iwan Fals.

Iwan Fals, tampil santai. Gitar akustik dan harmonika menjadi senjata andalan saat tampil solo. Empat lagu disuarakan yaitu Bangunlah Putra Putri Ibu Pertiwi, Pohon untuk kehidupan, Mata Indah Bola Pingpong, Kemesraan. Totalitas Iwan Fals di atas panggung patut dijadikan contoh karena Iwan Fals serius menyiapkan segalanya sebelum tampil. Untuk mengetahui dan memahami arti daya hidup maka panggung Iwan Fals adalah jawabannya. Konser adalah silaturahmi. Di konser kita mendapatkan tontonan dan tuntunan. Sambil menunjuk kepada yang hadir Iwan Fals yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto ini berucap : “Ini walaupun segini urusannya sedunia.”

Leuwinanggung, (9/3).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto