Iwan fals Apps Komunitas Tanpa Batas

Di era digital saat ini begitu lugasnya fans saling berinteraksi mengungkapkan suara hati, membuka pikiran saling tukar informasi, dan semua semakin menjadi dekat. Lebih dari 8 juta active digital user dengan kisaran umur 18 tahun ke atas yang menjadi bagian dari fans Iwan Fals tersebar di berbagai kota di Indonesia maupun negara di dunia. Fans Iwan Fals didominasi berusia 18-24 tahun (42%). Selanjutnya 25-34 tahun (28%), 13-17 tahun (14%), 35-44 tahun (10%), 65 tahun ke atas (3,2%), 45-54 tahun (2,5%), dan sisanya 55-64 tahun (0,3%). Fans Iwan Fals 81% laki-laki, 19% perempuan.

Pertanyaannya adalah apakah data ini sesuai dengan kenyataan? Bisa jadi data adalah permainan atau manipulasi angka. Baiklah untuk mencari tahu jawabannya adalah dengan dua cara yaitu melakukan penelitian ulang yang dilakukan sendiri atau mengambil contoh peristiwa di konser. Untuk penelitian ulang kita tunda sejenak karena asumsinya data di atas sudah melalui penelitian. Bagaimana halnya dengan mengambil contoh peristiwa di konser? Fakta di lapangan saat menyaksikan peristiwa di konser Iwan Fals adalah seringkali dihadiri jumlah penonton yang banyak, ribuan bahkan ratusan ribu orang. Hadir dari berbagai penjuru desa dan kota mulai anak-anak, pemuda, dan pasangan orang tua. Bisa ditakar karena mayoritas penonton tidak bertolak belakang dengan data di atas.

Ini menunjukkan bahwa karya musik Iwan Fals melekat di hati jutaan orang. Dukungan fans membuat suara Iwan Fals menggema ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Tua muda menyukai lagu-lagu Iwan Fals karena diakui Iwan Fals memberikan inspirasi bagi semua yang kemudian melahirkan pemerhati lagu dan pecinta lagu Iwan Fals menjadi komunitas tanpa batas.

Iwan Fals bersama Tiga Rambu menginisiasi sebuah official media untuk para fans yang diberi nama Iwan Fals Apps. “Supaya komunikasi lancar, aspirasi dari penggemar sampai, dan mendekatkan Iwan Fals dengan penggemar. Ini perkembangan selanjutnya setelah website, facebook, twitter,” ungkap Cikal saat Jumpa Pers Iwan Fals Apps di Leuwinanggung, (27/6).

Iwan Fals Apps menyediakan berbagai program yang bakal dibangun secara berkala seperti polling tempat para fans menyuarakan hatinya dan langsung dilihat oleh Iwan Fals. Konser-konser spesial yang ditayangkan eksklusif supaya mereka yang tidak bisa hadir dapat melihat di Iwan Fals Apps. Diskusi bersama Iwan Fals seputar hasil polling dan pengembangan fitur lainnya.

Di luar itu beberapa fitur juga memudahkan para fans untuk melakukan transaksi karena di dalamnya ada Iwan Fals Credit atau semacam dompet elektronik yang bisa mereka Top Up dari 5 bank besar. Dengan Iwan Fals Credit dapat dengan mudah bisa membeli Official Merchandise di dalam Apps, atau sekedar membeli kebutuhan pulsa seperti listrik, telepon, dan pembayaran tagihan lainnya.

Visi dompet elektronik ini bukan sekedar sebuah alat bayar, tapi juga mendukung gerakan Anti Korupsi, dimana dengan dompet elektronik semua transaksi tercatat. Visi lainnya seperti Gerakan National Non Tunai membantu memberikan pendidikan masyarakat yang mendukung setiap gerakan yang memajukan bangsa ini.

Tentang itu semua Iwan Fals berkomentar : “Saya menghargai hasil karya manusia. Soal fans saya yang 8 jutaan lebih, menjadi penyemangat dan bergairah. Internet membantu saya dalam interaksi. Dari internet saya belajar ngaji.”


Leuwinanggung, (30/6).

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto