Tanggal 5 Bulan 5 SMA 5 Bandung

Selepas Isya Iwan Fals berangkat dari Leuwinanggung ke Bandung. Menghabiskan waktu tujuh jam perjalanan hingga tiba di Bandung padahal jalur yang dilalui adalah jalan tol yang semestinya bebas hambatan. Malam itu jalanan sangat padat karena liburan panjang di awal bulan.

Hari Kamis, (5/5) SMA 5 Bandung memilih Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) menjadi tempat pertunjukan Iwan Fals. Ini yang ketiga kalinya Iwan Fals tampil di Sabuga setelah sebelumnya di tahun 2002 Konser Album Suara Hati dan tahun 1999 Konser Musik Pencerahan Anti Kekerasan, Himpunan Mahasiswa Planologi ITB.

Siswa-siswi SMA 5 Bandung menggelar Expo dan Anugerah 5 Live Magnificent 2016 di Sasana Budaya Ganesha. Untuk Expo menampilkan karya ilmiah siswa-siswi SMAN 5 Bandung. Anugerah 5 Live Magnificent, pemberian penghargaan kepada alumni berprestasi di bidangnya diantaranya Atalia Kamil (Istri Walikota Bandung), Yovie Widianto (Kahitna), Danny Sprit (Java Jive), Yana Mulyana (Ketua Ikatan Alumni SMA 5 Bandung), Kenny Dewi (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung).

Tak seperti biasanya dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, Five Live digelar di venue indoor. Biasanya acara digelar terbuka di halaman sekolah dan di kawasan Car Free Day. Dan yang menjadi menarik adalah Iwan Fals tampil sebagai pengisi acara atas dasar angket. Untuk mencari jawaban siapa artis yang bakal dihadirkan adalah melalui penelitian. Angket yang disebar kepada siswa-siswi SMA 5 Bandung sebagai responden. Artinya menghadirkan Iwan Fals bukan alasan subyektif tetapi ada data-data objektif yang dikumpulkan. Maka akan muncul kesimpulan tentang relevansi antara Iwan Fals dan anak sekolah.

Seorang musisi dengan berjuta warna dalam karya, siapa yang tak kenal sosoknya. Hobi bersuara tentang politik, sosial, maupun pendidikan membuatnya tak pernah ketinggalan untuk disebut sebagai seorang yang paling menginspirasi. Ratusan ribu penggemar. Ribuan pengalaman. Ratusan judul lagu. Puluhan album dan penghargaan. Belasan generasi. Seorang legenda. The one and only, Virgiawan Listanto alias Iwan Fals, tidak akan mengecewakanmu di Five Live Magnificent. (Sumber: Instagram fl2016 Five Live Magnificent).

“Makasih tetap berkarya tidak jadi Bento!” ujar Iwan Fals.
“Pak Hio,” teriak perempuan berkaca mata dengan kaos putih dari kerumunan penonton.
“Lagi, lagi, lagi,” seruan penonton seakan memberi pesan jujur apa adanya.
Iwan Fals membalas : “Sekalian kado buat Sawung Jabo, selamat ulang tahun Jabo. Sekalian doa buat Naniel yang sakit. Hio!”

Penonton yang hadir bukan hanya siswa-siswi SMA 5 Bandung tetapi juga para penggemar yang setia menanti hingga Iwan Fals dan Band meninggalkan panggung. Lagi-lagi Sabuga Bandung punya cerita.


Leuwinanggung, (12/5).

Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto